4 Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat dan Berkualitas

  • Whatsapp
Minyak Goreng

Minyak goreng menjadi salah satu bahan keperluan rumah tangga yang seringkali digunakan untuk memasak. Seperti yang diketahui, kebanyakan masyarakat sangat senang sekali dengan jenis makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Minyak inilah yang akan digunakan untuk menggoreng makanan tersebut.

Meskipun begitu, jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng bisa berdampak tidak baik pada kesehatan. Namun, Anda bisa meminimalisir hal itu dengan memilih minyak yang berkualitas dan sehat. Lantas, bagaimana cara memilihnya?

Perhatikan Warna dan Aroma

Warna dan aroma menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin memilih minyak goreng yang sehat dan tentunya berkualitas. Kita tahu bahwa di pasaran banyak sekali produk minyak yang dijual bebas. Tentunya, dari sekian banyak produk, amat sulit sekali menentukan mana yang benar-benar baik. Untuk melihatnya, maka warna dan aroma bisa jadi cara termudah.

Minyak yang berkualitas dan sehat tentunya mempunyai warna yang bening dan jernih. Meskipun jernih, namun pastikan jika kuning minyak tidak terlalu mencolok dan tidak menempel di makanan yang digoreng. Dari segi aroma pun masih baik dan tidak bau tengik. Pasalnya aroma minyak yang tengik menandakan minyak sudah lama, jika terus digunakan bisa memberikan dampak tidak baik.

Lihat Komposisi

Banyaknya produk minyak goreng yang beredar di pasaran memang tidak bisa diprediksi bagaimana kualitasnya. Terkadang, banyak juga produk minyak curah yang sulit untuk diteliti apakah minyak tersebut sehat atau tidak. Sebaiknya, untuk memaksimalkan kualitas dari pilihan minyak, pilihlah yang memang jelas. Terlebih masalah komposisi bahan yang digunakan untuk membuat minyak tersebut.

Kejelasan kompisisi pada produk minyak bisa mendeskripsikan bagaimana minyak tersebut. Apakah terdapat kandungan berbahayanya atau tidak, atau apakah bahan-bahan yang digunakan memang berkualitas dan baik untuk kesehatan, atau tidak? Untuk melihat komposisinya, biasanya selalu tertera di bagian kemasan minyak.

Pilih Kandungan Omega 3 dan Rendah Lemak

Setiap minyak yang seringkali kita konsumsi, pada dasarnya memiliki kandungan lemak jenuh dengan kuantitas yang cukup tinggi. Padahal, lemak jenuh ini bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan. Utamanya pada masalah peningkatan kolesterol dalam tubuh yang bisa meningkatkan risiko masalah jantung. Lebih baik, pilihlah minyak goreng dengan kandungan lemak yang rendah.

Tak hanya itu, minyak berkualitas dan sehat pun sebaiknya punya kandungan omega 3. Di mana kandungan ini bisa menjaga jantung dan tentunya bebas dari lemak jenuh peningkat kolesterol. Jika Anda ingin memilih minyak sehat, sebagai solusi bisa memilih minyak jagung atau minyak zaitun.

Tepat dalam Menggunakan

Selain beberapa tips dalam memilih minyak yang sehat dan berkualitas seperti yang sudah diulas sebelumnya, ada tips lain yang bisa Anda lakukan agar masakan yang digoreng dengan minyak jadi lebih sehat. Sudah sepantasnyalah untuk Anda lebih cermat dalam menggunakan minyak goreng.

Ada beberapa cara untuk hidup sehat dalam penggunaan minyak. Beberapanya seperti tidak menggunakan minyak berulang-ulang, hindari suhu yang terlalu panas saat menggoreng, dan lainnya. Pasalnya ketika minyak digunakan berulangkali atau suhunya terlalu panas bisa menumbuhkan senyawa yang cukup membahayakan bagi tubuh. Terlebih jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Nah, Beberapa tips tersebut bisa dijadikan solusi tepat untuk mendapatkan minyak goreng yang berkualitas dan tentunya baik untuk kesehatan.

Selain itu, untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai kesahatan, beberapa informasi penyakit, tips hidup sehat dan lainnya, bisa langsung mengunjungi situs dan aplikasi Halodoc. Sebagai aplikasi terpercaya dalam menangani segala hal di dunia medis. Anda pun bisa konsultasi gratis bersama dokter terpercaya secara realtime. Bahkan langsung oleh dokter spesialis dan ahli di bidangnya sesuai dengan permasalahan Anda.

Related posts